Wisata Pujon Kidul Malang yang Instagramable

Kalau kita mendengar kata Kota Malang, pastinya yang  terlintas di pikiran kita adalah sebuah kota yang terkenal dengan tempat – tempat wisata alamnya yang banyak dan masing – masing indah dan mempesona. Kali ini kami ingin membahas tentang salah satu tempat wisata alam di bagian Kidul Kota Malang, yaitu Desa Wisata Pujon Kidul Malang. Wisata Outbound Malang ini berlokasi di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Desa wisata ini di buka sebagai tempat wisata pada bulan November 2016.

Dengan luas tempat sekitar 7.600 meter persegi, Desa Wisata Pujon Kidul Malang ini berkonsep desa wisata agro. Mulanya desa ini hanya hamparan sawah biasa, namun di bawah kepemimpinan Udi Hartoko yaitu selaku Kepala Desa Pujon Kidul serta warga – warganya yang kompak, pemandangan persawahan yang terlihat biasa – biasa saja pun mereka sulap menjadi pemandangan yang luar biasa. Seperti halnya adanya wisata, warga bisa membuka usaha di tempat ini, mulai dari permainan yang di tempat wisata, pertokoan, bahkan ada juga yang membuka wisata berkuda.

Selain itu, desa wisata ini menjadi sarana edukasi bagi para wisatawan dari luar bahkan bagi masyarakat setempat pun yang berkunjung seperti memetik buah serta melihat proses dari pemerahan susu sapi. Adapun kegiatan seru yang berbau alam yang dapat dilakukan di daerah sini yaitu wahana outbound Malang, air terjun dan juga wisata alam yang lainnya. Salah satu andalan dari tempat wisata ini yang ramai pengunjung adalah café sawah.

Dengan lokasi yang dikelilingi oleh perbukitan menjadikan udara di Desa Pujon Kidul ini menjadi sangat sejuk dan segar. Hamparan sawahan warga yang terlihat hijau pun dapat mendinginkan dan merelaksasi mata saat melihatnya. Hal ini tebukti dengan ada banyaknya café – café sawah yang terdiri dari beberapa saung atau gazebo yang tersebar. Serta dikelilingi oleh perbukitan Gunung Dorowati. Dengan menikmati hangatnya semangkuk bakso Malang atau seporsi nasi jagung di tengah alam terbuka, berbaur dengan semerbaknya aroma persawahan. Sungguh suasana yang tenang dan damai di tempat wisata ini.

Suhu udara di Desa Pujon Kidul sangat sejuk, sangat bersahabat baik dengan bunga – bunga dan tanamannya. Meskipun bunga – bunga ini indah, tetapi di sini kita tidak diperbolehkan untuk memetik bunga – bunga tersebut. Selain itu, dengan lokasi tempat wisatanya  yang berada di alam terbuka dan cukup luas, playground café sawah bisa buat bermain – main sepuasnya. Sungguh tempat wisata yang sangat pas untuk dikunjungi saat berlibur bersama keluarga menikmati pemandangan alam yang indah ini sekaligus menjadi tempat bermain anak – anak seperti memberi makan ikan, mencari katak, atau berburu belalang akan dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi mereka.

Desa Wisata Pujon Kidul Malang buka antara jam 08.00 WIB dan tutup pada jam 19.00 WIB khusus untuk weekday, dan khusus untuk weekend tutup pada jam 22.00 WIB. Anda hanya perlu membayar dari Rp.2000 untuk motor dan Rp.5000 untuk memparkir mobil.

Dengan jarak tempuh sekitar 29 km dari pusat kota, anda akan memakan waktu perjalanan sekitar satu setengah jam. Di beberapa titik, mingkin anda akan menjumpai jalanan yang berlubang dan naik turun, namun pada saat anda sampai ke tempat wisata ini, rasa perjalanan anda yang melelahkan akan terbayarkan, anda bakal terpesona dengan keindahan Desa Wisata Pujon Kidul ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *