Hal Menarik Tentang Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo pasti sudah tidak asing ditelinga, terutama bagi para pendaki. Yups! Danau yang satu ini adalah salah satu daya tarik Gunung Semeru di Jawa Timur. Ranu Kumbolo adalah salah satu tempat istirahat favorit bagi pendaki sebelum melanjutkan perjalan menuju ke puncak Semeru. Banyaknya pendaki yang mendirikan tenda di sini, menjadikan Ranu Kumbolo tempat yang diidamkan oleh pendaki Semeru. Untuk mendirikan tenda di sini pun tidak boleh sembarangan loh, hanya ada dua titik saja yang diperbolehkan untuk mendirikan tenda.

Memang, tidak semua lokasi di tepi Danau ranu Kumbolo dapat dijadikan tempat berkemah. Kamu hanya bisa mendirikan tenda di Savana dekat pos 4, dan satunya lagi di shelter bukit Ranu Kumbolo. Selain kedua titik tersebut, dilarang keras untuk mendirikan tenda. Hal tersebut dikarenakan, beberapa titik di sekitar ranu Kumbolo dianggap sakral oleh penduduk sekitar.

Dilarang Berenang Di Ranu Kumbolo

Memiliki air yang jernih, mungkin menjadi godaan untuk berenang di danau ini. Tapi, jangan sekali pun kamu mencoba berenang di sini. Bukan hanya dianggap sakral, namun juga karena suhu dingin dan kedalaman danau yang mencapai 28 meter. Kalau kamu memaksakan diri berenang, tentu akan menjadi bencana fatal bagi diri sendiri.

Aturan Mendirikan Tenda

Selain larangan di atas, ada juga larangan untuk tidak mendirikan tenda terlalu dekat dengan bibir danau. Aturan ini wajib ditaati oleh para pendaki, kamu hanya diperbolehkan mendirikan tenda dengan jarak sekitar 15 meter dari bibir danau. Hal ini dikarenakan ada beberapa hal yang mungkin bisa mencemari danau. Seperti sampah-sampah yang dibawa oleh pendaki, kalau melanggar, sudah dipastikan kamu akan diusir dari Ranu Kumbolo.

Dilarang Membuat Api Unggun

Cuaca yang dingin tentu membuat pendaki sering memutuskan untuk membuat api unggun. Selain untuk menghangatkan badan, api unggun ini biasanya juga digunakan untuk memasak. Tapi, hal tersebut tidak akan berlaku di sini, karena kamu dilarang membuat api unggun sendiri. Sebab, pohon-pohon di sekitar danau menjadi makin sedikit. Biasanya ada petugas yang membuatkan api unggun untuk digunakan bersama para pendaki lain.

Dilarang Memberi Ikan Di Danau

Larangan lain yang berlaku di sini adalah, tidak diperbolehkan member ikan yang berada di Danau Ranu Kumbolo. Larangan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan air danau agar tidak tercemar.

Indahnya pemandangan di danau ini membuat para pendaki yang ingin melepas lelah bisa sedikit merasa lebih lega karena ada suasana dan pemandangan yang asri dan patut untuk dinikmati. Karena berwisata di Alam, tentu kebijakan untuk bertindak sangat diperlukan. Jangan sampai kecerobohan kita malah membuat kerusakan di alam, karena menjaga dan melindungi alam dari kerusakan adalah tugas kita bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *