Coban Jahe, Destinasi Wisata Alam Di Malang

Coban Jahe ialah satu diantara banyaknya air terjun cantik di Malang yang dapat Anda datangi. Obyek wisata Malang ini dikenal juga dengan nama Air Terjun Begawan. Tempat Air Terjun Coban Jahe ada di Desa Pandansari Lor, kecamatan Tumpang, kabupaten Malang, Jawa Timur. Terdapat di ruang perhutani unit II Jawa Timur KPH Malang.

Air Terjun ini mempunyai ketinggian seputar 45 m. Penampakannya nampak semakin melawan dengan kehadiran batu-batu cadas memiliki ukuran raksasa di tebing kolam kecil di bawahnya. Lihat dari dekat Coban Jahe, terlihat indah dengan kealamiannya. Pohon serta semak tumbuh rimbun, jadikan situasi teduh serta udara yang fresh. Teritori Coban Jahe sendiri benar-benar ramai didatangi pelancong terutamanya pada Sabtu serta Minggu.

Di sini tidak ada sarana seperti WC. Tetapi di sini ada satu tanah kosong untuk berkemah. Bagian unik dari Coban Jahe telah nampak dari sisi penamaannya. Kata ‘Jahe’ konon dahulu diambil dari bahasa Jawa yakni pejahe yang bermakna ‘meninggalnya’. Berdasar historinya, kata itu diberikan oleh masyarakat seputar bertepatan dengan momen berdarah yang berlangsung pada 1947, dimana di saat itu berlangsung bombardir tentara Belanda yang menggugurkan Pasukan TRI yang namanya Gagak Lodra.

Menurut masyarakat seputar, mayat beberapa pejuang yang luruh di medan pertarungan waktu itu disatukan di seputar air terjun yang sekarang diketahui dengan panggilan Coban Jahe. Beberapa tentara yang roboh disemayamkan di Makam Pahlawan Kali Jahe. Makam ini terdapat seputar 50 mtr. sebelum pintu masuk Coban Jahe. Lepas dari narasi sejarahnya, coban ini benar-benar menarik untuk didatangi.

Tempat dari Air Terjun Coban Jahe ini ada pada seputar 23 km dari Kota Malang. Untuk ke arah salah satunya air terjun di Malang ini, Anda bisa menempuhnya dengan kendaraan roda empat. Mengambil saja arah ke Tumpang, sesudah melalui gapura selamat tiba di Kota Tumpang, ada penunjuk arah ke arah Coban Jahe tidak jauh dari gapura itu. Dari sini ada pertigaan jalan masuk mengarah kiri, ke arah perkampungan masyarakat. Jalan yang perlu dilewati sampai tempat air terjun masih seputar 7 km lagi.

Anda akan ditujukan untuk melewati jalan desa yang cukup mulus, beberapa penunjuk arah ke arah Coban Jahe sudah terpasang untuk mempermudah beberapa pelancong. Dari banyaknya persimpangan, Anda perlu cari satu tugu yang namanya tugu Kemalon, sebagai pemberi tanda penting ke arah tujuan alam itu. Dari tugu Kemalon, Anda harus siap menaklukan medan pegunungan yang licin, naik, serta berliku ke arah pintu masuk Coban Jahe. Buat Anda yang memakai sepeda motor masih dapat memarkir kendaraan di dekat air terjun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *